LOGO dprd
Beranda > Berita > Penyelidikan Epidemiologi Kasus Demam Berdarah Di Lingkungan Menang Gerung…
UKM

Penyelidikan Epidemiologi Kasus Demam Berdarah di Lingkungan Menang Gerung Selatan

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 1 Juli 2022 - Dilihat 247 kali

Penyelidikan epidemiologi adalah penyelidikan yang dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber dan cara penularan serta faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya wabah.

Sesuai rekomendasi Depkes RI, setiap kasus DBD harus segera ditindaklanjuti dengan penyelidikan epidemiologi dan penanggulangan lainnya untuk mencegah penyebarluasan atau mencegah terjadinya KLB. Penyelidikan epidemiologi demam berdarah dengue merupakan kegiatan pencarian penderita atau tersangka lainnya, serta pemeriksaan jentik nyamuk penular DBD dirumah penderita atau tersangka dan rumah-rumah sekitarnya dalam radius sekurang¬kurangnya 100 meter. Juga pada tempat umum yang diperkirakan menjadi sumber penularan penyakit. Tujuannya utama kegiatan ini untuk mengetahui ada tidaknya kasus DBD tambahan serta terjadinya potensi meluasnya penyebaran penyakit padad wilayah tersebut.

Komponen kegiatan diatas antara lain dengan melakukan pengamatan jentik. Pengamatan ini dilakukan dengan menggunakan indikator ukuran kepadatan jentik yaitu: angka bebas jentik (ABJ), house index (HI), container index (CI) dan bruteau index (BI). HI lebih menggambarkan penyebaran nyamuk di suatu wilayah tertentu (Depkes, 1990). Apabila HI kurang dari 5% menunjukkan kecepatan penularan DBD cukup, sedangkan bila lebih 5% berarti potensial terjadi penularan DBD.

Hasil penyelidikan epidemiologi akan menentukan langkah selanjutnya dalam pemberantasan penyakit DBD. Dinas Kesehatan akan melakukan tindakan seperti fogging atau tidak fogging, dan serta masyarakat diajak melakukan PSN-DBD dengan gerakan 3 M. Tindakan penanggulangan KLB dilakukan bersama kegiatan penyelidikan epidemiologi, penggerakan PSN DBD dengan abatisasi.

Kegiatan PE DBD ini bertujuan untuk mengetahui potensi penularan dan penyebaran DBD lebih lanjut serta tindakan penanggulangan yang perlu dilakukan di wilayah sekitar tempat tinggal penderita.

Puskesmas Gerung melalui petugas Surveilan H. M Laizi dan I Ketut Susana turun melaksanakan PE di lingkungan Menang Kelurahan Gerung Selatan. Tujuannya melakukan pemeriksaan jentik dirumah penderita dan sekitarnya terutama pada tempat penampungan air dan kontainer bekas. Sasarannya adalah rumah bangunan, tempat minum burung/ayam, ban bekas dan kontainer lainnya yang berpotensi menjadi sarang yang disukai nyamuk Demam Berdarah. 

Dari Hasil PE di rumah penderita dan sekitarnya masih dijumpai jentik nyamuk pada tempat minum burung dan ban bekas, sedangkan pada tempat mandi tidak ada jentik yang ditemukan, dan langsung ditindaklanjuti dengan edukasi dan PSN kepada warga sekitar.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *