LOGO dprd
Beranda > Berita > Hawatir "Ptm" Meningkat, "Germas" Diaktifkan Kembali
Berita Utama

HAWATIR "PTM" MENINGKAT, "GERMAS" DIAKTIFKAN KEMBALI

Posting oleh dikeslobar - 1 Juli 2022 - Dilihat 259 kali

Gerung, 1 juli 2022 - Seiring kemajuan zaman saat ini yang serba instan dan serba otomatis telah menyebabkan pergeseran pola kejadian penyakit di masyarakat, dimana saat ini penyakit tidak menular menempati peringkat teratas dan menjadi penyakit terbanyak.

Menurut Data Global Burden of Disease 2010, dan Health Sector Review 2014 menyebut kematian yang diakibatkan penyakit tidak menular (PTM), yakni stroke menempati peringkat pertama,” Tiga puluh tahun lalu penyakit menular, seperti ISPA, tuberkulosis, dan diare, menjadi penyakit yang paling banyak mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pergeseran pola penyakit itu diduga karena berubahnya gaya hidup masyarakat. Penyakit tidak menular dan perilaku hidup yang tidak sehat dapat mengganggu masyarakat usia produktif. Padahal seharusnya masyarakat usia produktif dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Kehawatiran kejadian penyakit tidak menular (PTM) semakin meningkat di tengah masyarakat maka Dinas Kesehatan mengajak Lintas Sektor untuk mengambil langkah-langkah sesui tupoksi masing-masing untuk mewujudkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) melalui upaya peningkatan aktivitas fisik, cek kesehatan secara teratur dan membudayakan makan buah dan sayur di lingkungan masing masing, baik di tempat kerja maupun di keluarga dan masyarakat.

Untuk mengaktifkan kembali GERMAS di Lombok Barat maka Dinas Kesehatan Lombok Barat menggelar Pertemuan Koordinasi Implementasi Germas Tingkat Kabupaten Lombok Barat bersama lintas program dan Lintas Sektor di Lombok Barat, yang dibuka oleh Kepala Dinas kesehatan Lombok Barat, Arief Suryawirawan,S.Si,Apt,MPH di RM.Ujung Landasan pada kamis (30/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut dibahas berbagai Tugas dan Fungsi masing-masing sektor/Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah di tetapkan dalam Instruksi Bupati Lombok Barat Nomor:441.7/Dikes/63/2022, tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Lombok Barat.

Dalam Instruksi tersebut Bupati Lombok Barat menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesui tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan Germas melalui 7 upaya, yakni Peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, penerapan protokol kesehatan dan peningkatan edukasi hidup sehat.

Instruksi Bupati tersebut diharapkan dapat di terapkan atau di implementasikan pada setiap tatanan dan elemen masyarakat, baik di institusi formal maupun di masyarakat umum, demi menjaga kesehatan masyarakat Lombok Barat


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *