LOGO dprd
Beranda > Artikel > Kampung Keluarga Berkualitas
Artikel

Kampung Keluarga Berkualitas

Posting oleh dp2kbp3alobar - 14 Sep. 2021 - Dilihat 155 kali

Program KB yang digagas pemerintah pusat dengan konsep Bangga Kencana, merupakan program yang digalakkan guna menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. "Bangga Kencana mengacu pada keluarga yang segala sesuatunya terencana. Seperti Jumlah anak, pendidikannya kelak, penjaminan mutu hidup, umur dan waktu hami serta kesehatan gizinya.

Bicara kependudukan tidak hanya bicara tentang jumlah penduduk saja. Namun ungkap dia, juga mencakup pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, kondisi kesejahteraan dan juga politik, ekonomi, sosial, budaya, agama serta lingkungan. "Kondisi kependudukan saat ini yang kita hadapi, dalam mengatasinya tidak cukup hanya pemerintah daerah saja, tetapi harus ada dukungan dari semua pihak. Dimana saat ini pemerintah mempunyai program bangga kencana yang salah satunya adalah kampung KB atau kampung keluarga berkualitas.

Program Bangga Kencana Kampung KB, merupakan salah satu upaya untuk membangun keluarga bahagia dan sejahtera di tingkat desa dan mewujudkan keluarga berkualitas. Kata dia, kampung keluarga berkualitas, yaitu suatu wilayah yang terdapat keterpaduan Program Bangga Kencana dan pembangunan sektor terkait yang di laksanakan secara sistematis. "Saya mengajak, seluruh komponen yang ada di Kab Sambas untuk mensukseskan hadirnya, keluarga-keluarga berkualitas guna menunjang Indonesia Maju.

Arah kebijakan Kampung KB yang tertuang dalam Renstra BKKBN 2020-2024 adalah 10 persen dari total Kampung KB, merupakan Kampung KB Mandiri, yaitu Kampung KB yang telah memiliki input yang baik atau telah berjalan sesuai dengan mekanisme operasionalnya serta telah menunjukan dampak terhadap program Bangga Kencana