Dua Usul Pembahasan Eksekutif Disetujui Legislatif

Foto untuk : Dua Usul Pembahasan Eksekutif Disetujui Legislatif
Share

Giri Menang, 21 Oktober 2020. Setelah dilakukan pembahasan sesuai mekanisme di ranah Legislatif, ada dua usul pembahasan pemerintah daerah kepada legislatif untuk segera disetujui. Usul tersebut adalah, pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) melalui skema Penerangan Jalan Umum (PJU) di kabupaten Lobar. Usul berikutnya adalah, hibah tanah Pemda Lobar untuk pembangunan Mako Brimob Polda NTB.

Usul ini, gabungan komisi DPRD Lobar menyatakan setuju. Persetujuan ini disampaikan oleh juru bicara gabungan Komisi, Hendra Harianto. Dikatakan, persetujuan beralasan berdasar pada kebutuhan dan permasalahan masyarakat terkait penerangan jalan umum. “Hampir semua masyarakat membicarakan soal penerangan jalan terutama diarea pariwisata Senggigi,” papar Hendra Harianto saat membacakan pernyataan setujunya di Ruang Sidang DPRD di Gerung, Rabu (21/10).

Melalui gelaran Rapat Paripurna DPRD ini, Wakil Ketua Komisi III ini menyoroti, banyaknya lampu yang mati dan kurang terang di sejumlah titik. Ini dianggap sebagai bagian daya dukung yang lemah, terutama menyangkut keamanan.

Lanjut politisi besutan PKB ini, keluhan tidak saja terjadi di Senggigi, namun hampir diseluruh wilayah Lobar. Diharapkan, adanya kajian oleh pihak eksekutif terkait KPBU dalam menangani masalah PJU.

Lebih lanjut dibacakan Hendra, dari seluruh rangkaian yang dilakukan DPRD terhadap pengelolaan KPBU PJU, maka gabungan Komisi menyampaikan laporannya kepada seluruh Fraksi yang ada. Laporan ini diikuti dengan beberapa catatan, saran, imbauan dan harapan untuk menjadi perhatian pihak eksekutif. Salah satu catatan itu adalah, siapapun badan usaha yang ditunjuk harus berkantor di wilayah Lobar. Alasannya, apabila terjadi permasalahan terkait PJU, maka akan mudah dilayani dan ditangani segera.

Pembahasan selanjutnya adalah persetujuan hibah tanah Pemda Lobar kepada Sat Mako Brimob Polda NTB. Sama dengan gabungan Komisi, Komisi I bersama Fraksi Fraksi DPRD Lobar pun setuju terhadap rencana Pemda Lobar ini. Rencana hibah tanah seluas 5000 M2 yang berada di Desa Gapuk Kecamatan Gerung juga diikuti dengan sejumlah catatan.

Setelah menyatakan setuju, namun sejumlah catatan yang disamaikan oleh anggota Komisi I, H.Sardian menyampaikan beberapa catatan. Di antaranya adalah, progress pembangunan dalam dua tahun ke depan sudah berjalan. Pihak eksekutif harus membuat Berita Acara Penyerahan, dan diminta kepada BPKAD Lobar bertangggung jawab terhadap keputusasn yang tertuang dalam Keputusan DPRD.

Di tempat yang sama, pihak eksekutif yang dipaparkan Bupati Lobar H.Fauzan Khalid menyatakan, secara marathon bersama sama mengikuti paripurna terkait persetujuan pelaksanaan KPBU PJU. Berikutnya persetujuan hibah tanah pemda Lobar kepada Sat Mako Brimob Polda NTB . “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD atas persetujuannya. Semoga memberikan kebaikan bagi kita semua,” tutup mantan Ketua KPU NTB ini.

Sambutan